Wisata Seru Di Museum Kailasa Dieng

Museum Kailasa Dieng

Dieng tak hanya terkenal dengan wisata alamnya saja yang menarik dan unik, namun juga wisata sejarah pun dapat kita nikmati di sini. Terdapat sebuah museum yang di dataran dieng yang tidak boleh terlewatkan, yaitu museum kailasa. Di museum ini, anda dapat melihat segala hal yang berhubungan dengan dieng. Bagaimana sejarahnya, kebudayaannya, alamnya serta kehidupan masyarakatnya dapat anda temukan di museum ini. Lokasi museum kailasa berada di Desa dieng kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Belajar Sejarah Di Museum Kailasa

Memasuki area museum kailasa ini, anda akan di sambut dengan arca, kemuncak,makara, lingga dan yoni serta tungku-tungku untuk meletakkan sesaji. Banyak benda bersejarah di simpan di museum ini, di harapkan agar benda-benda yang bernilai sejarah tersebut awet sehingga dapat di kenalkan kepada generasi selanjutnya agar lebih bisa menghargai sejarah. Museum kailasa terdiri dari 2 bangunan yang memiliki fungsi yang berbeda.

Pada bangunan yang pertama, terdapat beberapa jenis peninggalan sejarah seperti candi-candi yang berada di dieng sedangkan pada bangunan kedua terdapat berbagai macam koleksi. Di sini para pengunjung dapat di perkenalkan mengenai sejarah terjadinya dieng yang di akibatkan karena adanya letusan gunung prahu tua. Tak hanya itu saja, para pengunjung juga akan di perkenalkan mengenai kebudayaan serta kesenian yang  berkembang di masyarakat dieng.

Di gedung ini, juga terdapat sebuah teater yang akan menampilkan film tentang kehidupan sehari-harai masyarakat dieng, anda juga akan di suguhkan film yang bercerita mengenai kehidupan anak berambut gimbal. Karena di wilayah dieng, masih sangat mempercayai jika anak yang memiliki rambut gimbal harus di ruwat dengan cara melakukan upacara ruwatan yang di lakukan di candi arjuna. Untuk mendapatkan informasi seluk beluk dieng silahkan berkunjung ke museum kailasa ini, museum ini di buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga pukul 16.00.