Obyek Wisata Telaga yang Wajib Kamu Kunjungi Kalau Berlibur ke Dieng

Obyek wisata telaga di Dieng merupakan tempat wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan selain Kompleks Candi Arjuna Dieng. Telaga di dataran tinggi Dieng tak hanya menyuguhkan pemandangan yang indah, tapi juga memiliki keunikan tersendiri yang tak ditemukan di tempat lain. Berikut ini beberapa telaga di kawasan Dieng yang terkenal di hingga ke mancanegara.

Obyek Wisata Telaga yang Wajib Kamu Kunjungi di Dieng

  1. Telaga Warna

Telaga Warna

Telaga Warna yang sering disebut sebagai telaga terindah di Dieng ini memiliki keunikan warna airnya yang sering berubah-ubah. Perubahan warna air telaga seperti warna pelangi, kuning atau hijau disebabkan oleh cahaya matahari yang mengenai permukaan air telaga yang mengandung kadar sulfur tinggi. Di sekitar telaga Warna, Anda bisa menemukan deretan bunga panca warna serta balkon yang bisa digunakan untuk bersantai sambil memandang keindahan telaga.

  1. Telaga Menjer

Telaga Menjer

Berlibur ke Wonosobo, tak akan lengkap kalau belum mengunjungi Telaga Menjer yang terletak di Desa Menjer, Garung, Wonosobo. Telaga yang merupakan telaga terluas di Kabupaten Wonosobo ini terbentuk secara alami dengan luas yang mencapai 70 hektar. Letaknya yang berada di ketinggian 1.300 mdpl membuatnya memiliki iklim yang sejuk. Telaga Menjer bisa dikatakan belum sepopuler Telaga Warna jadi tak mengherankan jika belum begitu banyak fasilitas pendukung yang disediakan bagi wisatawan.

  1. Telaga Pengilon

Telaga Pengilon

Telaga yang satu ini wajib dimasukkan ke dalam daftar paket wisata Dieng yang Anda pilih ketika liburan nanti. Telaga yang terletak di Desa Jojogan ini berada berdekatan dengan Telaga Warna dan masih satu kawasan dengan BKSDA Dieng. Telaga Pengilon disebut sebagai danau cermin berkat permukaan airnya yang jernih layaknya cermin. Pada musim kemarau atau di hari yang cerah, air telaga ini menyajikan pantulan yang sempurna dari pepohonan dan Gunung Prau yang terlihat dari sekitar telaga.

  1. Telaga Cebong

Telaga Cebong

Telaga yang berada di desa Sembungan, desa tertinggi di Jawa Tengah ini terbentuk dari bekas kawah purba dengan luas mencapai 12 hektar. Telaga ini disebut sebagai Telaga Cebong karena memiliki bentuk menyerupai kecebong. Berkat lokasinya yang berdekatan dengan Bukit Sikunir, Telaga Cebong sering dijadikan sebagai tempat persinggahan para wisatawan yang turun dari pendakian Bukit Sikunir. Bahkan di akhir pekan atau di musim liburan, telaga ini sering dijadikan sebagai lokasi perkemahan.