Berwisata Di Cagar Budaya Candi Arjuna

Candi Arjuna Dieng

Berkunjung ke Dieng tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi sebuah objek wisata candi yang terkenal. Ya, objek wisata candi arjuna. Candi arjuna merupakan sebuah candi peninggalan agama hindu. Candi ini pertama kali di temukan oleh seorang tentara belAnda yang bernama Theodorf van elf pada abad ke-18. Candi arjuna berlokasi di desa Dieng kulon, Batur, Banjarnegara. Komplek candi arjuna memiliki luas 1 hektar yang terdapat sekitar 5 bangunan candi yakni candi  srikandi, candi puntadewa, candi semar, candi sembadra serta candi arjuna.

Candi Arjuna Sebagai Saksi Sejarah Hindu Kuno

 Candi-candi tersebut sering di gunakan untuk melakukan sembahyang. Terdapat beberapa ornamen candi yang sama antara ke empat candi tersebut, terdapat penil atau bagian tangga, makara yang di letakkan di sisi pintu yang bertujuan untuk mengusir roh jahat, kala merupakan sebuah wajah raksasa yang berada di atas pintu, jalatmara atau saluran air, ontefik atau ornamen pada bagian sisi candi, istadewa yang berada di bagian paling atas dan merupakan tempat untuk masuk para dewa.

Candi arjuna dulunya di bangun untuk menyembah dewa syiwa yang di percaya sebagai candi yang tertua diantara candi lainnya di komplek candi tersebut. candi ini di bangun oleh dinasti sanjaya pada abad 8 masehi. Pada saat acara galungan, upacara sering di lakukan di komplek candi arjuna ini. namun tak hanya pada acara galungan saja candi ini di fungsikan, akan tetapi juga sering di gunakan untuk tempat ruwatan anak-anak gimbal.

Di wilayah Dieng memang sangat terkenal dengan upacara ruwatan untuk anak gimbal, dan tak jarang para wisatawan sengaja berkunjung ke candi ini hanya untuk menyaksikan upacara ruwatan tersebut. untuk bisa memasuki komplek candi arjuna ini, kamu hanya di kenakan tarif sebesar Rp.10.000 saja. Tak hanya Paket wisata Dieng candi arjuna saja yang bisa kamu kunjungi dengan tiket tersebut, namun juga tempat wisata lain di sekitar candi arjuna.