Asiknya Berwisata Di Telaga Merdada Dieng

Telaga Merdada Dieng

Dieng merupakan sebuah wilayah yang memiliki banyak potensi pariwisata di dalamnya, berbagai jenis objek wisata menarik berlokasi di dieng wonosobo, salah satu objek wisata yang menyuguhkan keindahan panorama alamnya adalah telaga Merdada. Telaga Merdada berlokasi di desa karang tengah kecamatan Batur, Banjarnegara. Telaga ini merupakan sebuah telaga terbesar yang berada di wilayah dieng. Meskipun telaga ini sangat luas, namun tak memiliki sumber air karena hanya mengandalkan dari curah hujan, sehingga pada saat musim kemarau telaga ini menjadi kering.

Ketergantungan Masyarakat Dieng Pada telaga Merdada

 Pada saat musim kemarau tiba, air telaga pun menjadi kering sehingga akan nampak dengan jelas bagian dalam telaga, sehingga masyarakat pun dapat melintasi ke tengah telaga hanya dengan berjalan kaki. Namun kamu perlu berhati-hati apabila menginjakkan kaki di telaga ini pada musim kemarau, karena dalam telaga ini terdapat lumpur yang sangat berbahaya apabila di pijak. Karena telaga ini memiliki lahan yang luas dan lapang, itulah sebabnya masyarakat sekitar memberikan nama telaga Merdada yang berarti dada, sehingga di identikkan dengan luas dan lapang.

Telaga Merdada berlokasi di kelilingi 2 bukit yaitu bukit semurup dan bukit pangonan. Wilayah telaga Merdada dulunya di gunakan sebagai tempat untuk pembibitan jamur, namun kini tempat tersebut telah di tutup karena terjadinya krisis ekonomi yang melanda negara kita. Tak heran jika bangunan peninggalan tempat pembibitan jamur masih berdiri di kawasan telaga Merdada.

Bagi masyarakat sekitar telaga yang notebane bermata pencaharian sebagai petani, tentunya sangat bergantung pada sumber air di telaga Merdada untuk mengairi lahan kebun mereka. Masyarakat di sekitar telaga banyak yang menanam sayuran kentang, yang tumbuh dengan sangat subur di wilayah ini. untuk bisa menikmati paket wisata dieng telaga Merdada kamu hanya perlu membayar sebesar Rp.5000 saja.

Kamu bisa berkunjung ke telaga ini setiap hari karena tempat ini di buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga pukul 16.00 WIB. Tempat ini sangat cocok di kunjungi pada saat akhir pekan untuk melepas penat dari rutinitas kerja.